Makalah : ISLAM DAN GAGASAN UNIVERSAL


ISLAM DAN GAGASAN UNIVERSAL
A.   Pendahuluan
Islam itu bertingkat-tingkat: Pertama, kepasrahan dalam amal lahiriah, gerakan badan, dan aggota-anggota jasmani, seperti dalam Al-Qur’an QS: Al-Huurat; 14. Kkedua, Menjadikan diri sesuai atau sejalan secara lahir dan batin, sehingga tidak terjadi pertentangan zat. Pada amalnya, niatnya, dan hatinya, seperti Kamu tidak akan dapat memperdengarkan kepada mereka mereka (petunjuk) kecuali kepada orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami, maka mereka itulah yang berserah diri (QS. Al-Rum; 53).
Ketiga, menghilangkan kontradiksi sama sekali. Baik dalam amal, niat, maupun eksistensi zat. Pada tingkat ini tidak ada lagi eksistensi diri atau melihat diri. Seluruh wujudnya tenggelam dalam samudra wujud Yang Haq, fana dalam kebesaran cahaya Dia. Pada tingkat ini tercerabutlah bekas kontradiksi itu dari akarnya. Yang tampak adalah hakikat makna penyerahan diri dan penyesuaian diri kepada Al-Haq yang Mutlak sesungguhnya kepatuhan di sisi Allah adalah kepasrahan penuh (QZ. Ali Imron; 19).
B.   Rumusan Masalah
Berkaitan dengan uraian di atas maka permasalahan yang perlu untuk dilakukan pengkajian adalah :
1.      Islam dan Globalisasi
2.      Gerakan Fundamentalisme dan Radikalisme Islam
3.      Islam :  Eksklusif dan Inklusif
4.      Pluralisme Agama-Agama
C.   Pembahasan
1.      Pengertian Islam dan Globalisasi
a.       Pengertian Islam
Sebelum membicarakan ruang lingkup ajaran agama Islam (dinul Islam), terlebih dahulu kita pahami arti Islam. Kata Islam, berasal dari kata ‘as la ma – yus li mu – is la man’ artinya, tunduk, patuh, menyerahkan diri. Kata Islam terambil dari kata dasar sa la ma atau sa li ma yang artinya selamat, sejahtera, tidak cacat. Dari akar kata sa la ma itu juga terbentuk kata salmun, silmun artinya damai patuh dan menyerahkan diri. Sedangkan kata agama, menurut bahasa Al-Qur’an banyak digunakan kata din, istilah yang lain juga digunakan oleh Al-Qur’an misalnya millah, shalat.
Din dalam bahasa Smit berarti undang-undang atau hukum. Dalam Al-Qur’an kata din mempunyai arti yang berbeda-beda :
1.      Din berarti “agama” dalam surat Al Fath 28 di sebutkan :
“Dialah yang mengutus rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama, dan cukuplah Allah sebagai saksi”
2.      Din berarti “ibadah surat Al Mu’minun : 14.
“Maka sembahlah Allah dengan memurnnikan ibadah kepada-Nya meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya.”
3.      Din berarti “kekuatan” surat Luqman : 32.
“Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya …..”
4.      Din berarti “pembalasan hari Qiamat (Surat Asy-syuara : 82)
“Dan yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari Qiamat”
Ialam adalah nama yang di berikan oleh Allah sendiri, dibeberapa ayat Al-Qur’an menyebutkan : 

Lengkapnya Download di sini





0 komentar:

Poskan Komentar