Pendengaran ikan lebih peka



Menurut kalian hewan apa yang memiliki pendengaran peka?

Ikan adalah anggota Vertebrata Polkilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan tergolong ke dalam kelompok Paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan. ada berbagai jenis ikan, dari yang besar hingga ukuran paling kecil dari yang predator hingga yang menjadi makanan. Warna ikan yang menarik juga menjadi ciri khas dari hewan air ini. Tidak jarang manusia menjadikan ikan sebagai binatang peliharaan, untuk mempercantik rumah dengan warna dan bentuknya yang indah.

Telinga kita pasti langsung peka jika mendengar sesuatu (gelombang suara yang dihasilkan dari berbagai sumber bunyi). Kita akan terhanyut bahkan ikut menyanyikan lagu yang kita dengar. Tapi, ada hewan yang lebih peka pendengarannya dari manusia, yaitu IKAN. Hah??? kok gitu.

Yup, ikan punya telinga yang susah dilihat oleh mata telanjang, telinga ikan tidak memiliki struktur tulang luar hanya ada telinga dalam yang tersembunyi di dalam tulang kepala sehingga kita tidak bisa melihatnya.

Lagipula, suara lebih cepat bergerak di dalam air daripada di udara, ditambah lagi, selain telinga, garis literal di kedua sisi tubuh ikan juga bisa bereaksi terhadap getaran gelombang bunyi. Jadi, dibandingkan dengan manusia, ikan lebih peka terhadap suara.

Wah boleh nih, jadi kalo kita bosen terus nggak punya teman bicara dan cuma punya peliharaan ikan di rumah, kita bisa mengajak bicara ikan tersebut meski tidak akan pernah mendapat jawaban.

0 komentar:

Posting Komentar