PIDATO KARTINI 21 APRIL



PIDATO SAMBUTAN PADA HARI KARTINI 21 APRIL

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

Kepada Ibu guru penguji pidato bahasa Indonesia yang saya hormati. Dan kepada teman-teman kelas 3 yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita bersama-sama memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkat rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul bersama-sama dalam memperingati hari kelahiran Raden Ajeng Kartini. Tidak lain kami selaku panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga sudi meluangkan waktu untuk hadir memenuhi undangan kami.
Kita semua telah memakluminya, bahwa pada setiap tanggal 21 April kita mengadakan peringatan untuk mengenang jasa-jasa Ibu Kartini, tiada lain karena beliau adalah perintis bagi pergerakan yang menuntut persamaan hak dan kewajiban dengan golongan pria bagi kaumnya.

Hadirin dan hadirat yang kami cintai !
Ibu Kartini adalah kaum ningrat yang semenjak masa kanak-kanaknya berada dalam lingkungan teguh memegang adat istiadat kebangsawanan dan berada dibawah pengawasan ayahnya yang berkedudukan sebagai Bupati Jepara. Keadaan itu oleh kartini merupakan derita batiniah yang berat baginya. Maka derita itu kemudian memprotes dan menyatu dalam jiwa bahwa yang menimbulkan gairah untuk melepaska segala ikatan yang mengekang, yaitu adat istiadat yang usang yang bertentengan dengan panggilan zaman.
Apabila kita memperingati hari Ibu Kertini justru karena kita hendak  membangkitkan dalam diri kita keairahan beliau yang mengharuskan kita kaum wanita untuk melitkan diri secara total dalam usaha mengiprahkan keahlian kita masing-masing.
Sungguhpun demikian tiadalah sekali-kali kita berarti bahwa kita sebagai kaum wanita yang telah dikodratkan oleh Tuhan Yang Maha kuasa sebagai kaum wanita mengabaikan tugas dan kewajiban kita sebagai wanita ditengah-tengah lingkungan keluarga, terutama dlam peranan sebagai pembinaan generasi penerus kehidupan keluarga pada umumnya. Karena telah jelas akan melanggar dan mengingkari kodrat yang telah ditetapkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ibu-ibu dan adik-adik remaja putri yang kami cintai !
Kita dalam memperingati hari kartini sekarang ini, yang paling penting adalah kita mengenali api semangat kartini itu, dimana kita kaum wanita Indonesia dituntut dalam keikut sertaan secara maksimal untuk mensukseskan pembangunan, sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan kita masing-masing.
Kendatipun kamu wanita berperan ikut serta dalam pembanhunan namun sekai-kali bukan berarti mengurangi peranan kaum wanita dalam pembinaan keluarga sejahtera serta pembinaan generasi penerus muda. Dalam hal ini kaum wanita akan menempatkan fungsinya sebagai abdi masyrakat, serta sebagai ibu rumah tangga, dalam rangka pembinaan manusia Indonesia seutuhya dan keluarga sejahtera.
Demikian sekedar sambutan  yang dapat kami sampaikan dalam memperingati hari lahirnya Ibu Kartini. Semoga peringatan ini memberika manfaat yang sebesar-besarnya kepada kita semua.

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

0 komentar:

Posting Komentar